Tahu Diri

Aku melihat semuanya kelabu.
Siluet senja temaram menyapaku,
Apa gerangan ini?
Air mata menyumpil di sudut kelopak.
Irama melankolik menyatu dalam ngiang kepala.
Terdengar sedih di setiap intonasi.
Ah, apa mungkin hirauanku belaka?
Si Mbok nggudang,
Nang ning ning nang ning nung
Nang ning ning nang ning nung
Aku terdiam dan terisak,
“Aku wes ra percaya”
Si Mbok berpetuah,
“Kepercayaan itu mahal harganya, leh
“Kepercayaan itu wasiat, nduk
Sesengguk aku meratapi mulut Si Mbok
Si Mbok mengoceh dengan lugas.
Memang. Aku tak tau diri.
Melankolik, kembali meraup ke-sensitif-anku.
Rebahan pun masih saja menyulut duka.
Api-api kemarahan semakin merambah.
Sedih. Sesal. Kecewa.  Ah, apa itu?
Aku mencoba ‘tuk melupakannya,
Namun seketika kembali membuncah.
Oh, sayang. Jangan sebut aku wanitamu.
Aku bukan lagi wanitamu, kang mas.
Ku haturkan pangabektiku
Lalu laringku tercekat.
Aku tak peduli.
Aku mati.

Comments

Popular Posts