#PCNS : Pemilihan Cak & Ning Surabaya (My Experience Joining This Election)





Assalamualaikum,
Yokopo kabare, Cak barek Ning?

Selama  Pemilihan Cak & Ning Surabaya nantinya, kalian bakal banyak belajar bahasa-bahasa Suroboyoan yang jarang banget kalian dengar, misalnya :

          Aran   : Nama
          Barek : Dan (Kadang penggunaan 'Barek' bisa ditambahkan dengan  -an, 'Barekan'
                        yang juga bisa diartikan 'lagipula')
          Ning   : Mbak atau Saudara/Kakak Perempuan
          Cak     : Mas atau Saudara/Kakak Laki-laki

Nah, itu cuma beberapa kata. Bagi yang baru pertama kali mengikuti ajang pemilihan ini kalian bakal kaget, ternyata ada istilah dalam bahasa Suroboyo atau biasa disebut Bahasa Arekan yang belum terbiasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama bagi yang kesehariannya menggunakan bahasa gaul Indonesia, like meee! Wk~

Pengalamanku mengikuti PCNS atau Pemilihan Cak & Ning Surabaya ini lumayan perjuangan sekali, ya berhubung dari fisik aku sudah kalah nih ya haha. Tinggiku cuma 155cm, wajah juga pas-pasan wkwk. Tapi meskipun gitu, I'm trying to positive thinking. Dan aku 2 kali mengikuti PCNS, yaitu di tahun 2017 dan 2018. Di tahun 2017, to be honest, ikutan ini cuma pengen nemenin pacarku aja biar doi semangat wkwk. Karena aku ngelihat potensi peluang yang besar di dia buat masuk ke paguyuban Cak & Ning. So yes! I will tell you more about PCNS 2018! Here we go...

Seleksi PCNS ada beberapa tahap, mulai dari tahap seleksi administrasi, penyisihan 1, penyisihan 2, penyisihan 3, semifinal dan final. Apa aku bilang? Banyak kan tahapnya wkwk. Weiits, jangan salah ,banyaknya tahap seleksi ini biar bisa dapat calon Cak & Ning yang berkompeten lho hehe.


TAHAP SELEKSI ADMINISTRASI
Di tahap ini, peserta diminta mengumpulkan persyaratan yang sudah ditentukan oleh panitia PCNS. Di tahun 2018, aku cuma mengumpulkan beberapa persyaratan, seperti:

1. FC KTP 2 lembar. Wajib berdomisili Surabaya. Nah, buat yang belum punya KTP, bisa menyerahkan FC KK dengan jumlah yang sama
2. Formulir Pendaftaran : Kalian bisa minta formulir pendaftaran ke admin instagram di @cakningsby atau bisa datangi panitia ketika mereka sedang roadshow. So, just keep on watching cakning's instagram account ya, bakalan ada info mereka bakal roadshow dimana aja. 
3. Surat Ijin Orang Tua
4. Foto Close Up dan Full Body 2 lembar : Untuk foto memang ada ketentuannya dengan ukuran 4R, background putih, menggunakan baju hitam dan berkerah, bawahan bisa menyesuaikan yang penting sopan. Inget, sopan! Hindari pakai rok pendek, yes! Hehe.
5. Essay On The Spot : Nah, ini yang lumayan mikir. Kalian bakal disuruh buat essay langsung di tempat ketika kalian mendaftarkan diri. Enaknya memang tidak terbatas oleh waktu, jadi kalian bisa nulis apa aja yang kalian suka.

Tips :
- Biasakan terlebih dahulu untuk membaca ketentuan yang sudah diberlakukan oleh panitia PCNS, karena bisa jadi setiap tahun akan beda ketentuan. Mulai deh kepoin akun Cak & Ning di Instagram yang sudah aku share diatas. Atau bisa tanya pengalaman ke orang-orang yang sudah kenal dan pernah mendaftar PCNS.
- Untuk foto, usahakan make up yang natural aja ye, sist! Karena kalo berlebihan ntar takutnya malah kelihatan norak. Tapi bukan berarti nggak make up sama sekali ya wkwk
- Essay OTS, cukup kalian pelajari Bahasa Arekan keseharian dan Bahasa Inggris. Karena nantinya kalian akan diminta membuat Essay yang menggunakan Bahasa Arekan atau Bahasa Inggris kalau nggak bisa. Dan tulis sejujur-jujurnya.
- Jangan kelamaan daftar, karena ntar bakal dapet nomer besar :(


TECHNICAL MEETING (TM)
Nah, buat yang belum pernah samsek ikutan PCNS. Kalian kudu, wajib, fardhu 'ain dateng di TM. Kenapa? Karena nantinya panitia bakalan share peraturan-peraturan yang ada selama PCNS berjalan. Ditambah bakal dikasih ilmu soal atribut Cak & Ning itu apa aja dan ketentuan untuk P1 itu menggunakan pakaian yang bagaimana. Oh iya, di akhir TM nanti peserta bakaln dikasih tugas, gunanya untuk branding spot-spot ikonik yang ada di Surabaya. Nggak pasti tugasnya seperti apa, tiap tahun akan beda ketentuan. Misal di tahun 2017, aku cuma disuruh posting foto di instagram soal spot di Surabaya yang menggambarkan  diversity, yang mana di tahun itu PCNS menggunakan teman "Attraction in Diversity". Tapi beda di tahun 2018, tugas yang ditentukan adalah membuat video soal tempat-tempat di Surabaya yang menggambarkan persatuan arek-arek Suroboyo tanpa pandang bulu. Karena PCNS di tahun 2018 mengambil tema "Dare to be One". Di video itu kita harus menjelaskan singkat mengenai tempat yang kita ambil dan kenapa tempat itu bisa menggambarkan persatuan, kebersamaan, kumpul guyub rukun masyarakat Surabaya. Well, you should prepare this one! Karena waktunya terbatas sampai jam 19:00 WIB. Which is, buat aku yang suka aesthetic post itu lumayan susah karena harus edit gini-gitu wkwk.

Tips :
- Nggak ada tips pasti, yang penting kalian dateng aja lah. Pasti sudah terselamatkan.


TAHAP PENYISIHAN 1 (P1)
Di tahap ini masih lumayan nyenengin sih dan bikin capek karena nunggu lumayan lama. Ya disini ini alasan kenapa kamu jangan daftar di akhir-akhir pendaftaran, karena bakal nunggu lama. Semakin lama, semakin nggak karuan deg-degannya. Jadi menurut pengalamanku, peserta diharuskan datang jam 06:00 WIB di lantai 4 Siola dengan menggunakan pakaian yang sudah ditentukan pas TM. Peserta diharuskan menggunakan pakaian formal attire dengan sepatu heels yang kurang-lebih cuma 3cm.


Ini contoh formal attire 

Formal attire itu apa sih? Noh, lihat fotonya di atas. Kebetulan Eca nggak punya foto yang lain selain ini, karena sudah kehapus semua wkwk. Yang jelas untuk peserta perempuan baik hijab atau non-hijab tetap menggunakan rok. Dan harus ada renda, rumbai-rumbai atau apalah itu wkwk. Inget, ketentuannya adalah baju perempuan harus menggunakan baju yang warnanya mencolok. Nah, kalo yang laki-laki menggunakan kemeja polos berwarna cerah. Tidak boleh menggunakan hitam dan menggunakan dasi dengan warna senada terus menggunakan penjepit dasi.

Di tahap P1 ini, awalnya peserta melakukan tes tertulis. Ada dua macam tes tertulis, tes umum dan Bahasa Inggris. Untuk tes umum mungkin kalian bisa pelajari soal Surabaya, mulai dari sejarahnya, pembagian wilayah, makanan dan jajan khas, pariwisata, bahkan sampai makna dan arti "Sparkling Surabaya" yang biasanya kalian temui di jalan jalan. You should read a lot things!

Setelah tes tertulis, setelah itu tinggal nunggu giliran buat dipanggil. Coba tebak dipanggil ngapain hayo? Haha. Santai aja, peserta akan dipanggil untuk tahap seleksi selanjutnya. Kalian bakalan diajak ke ruangan khusus yang isinya 3 atau 4 juri. Sewaktu di ruangan nantinya peserta akan diminta untuk mengenalkan diri selama 1 menit. Setelah itu selesai deh, gampang kan? :))

Setelah semua peserta selesai masuk ke ruangan, terus bakalan diumumkan ke tahap selanjutnya. Terus setelah kalian masuk ke tahap penyisihan selanjutnya, kalian akan dibagi per kelompok (1 kelompok ada 10 orang, 5 Cak dan 5 Ning). Dan akan diumumkan terkait ketentuan penyisihan selanjutnya. Weitss, jangan seneng dulu. Ntar juga ada tugas kelompok biasanya. Dan ini bener-bener menguras waktu tidur :')

Tips :
- Masalah dresscode, buat yang nggak mau ngeluarin duit bisa pinjem temen. Atau bisa pakai kemeja biasa, terus rumbai atau rendanya bisa diganti menggunkan scarf yang warnanya senada. Kalo pas itu sih karena aku kuliah di HI jadi sudah punya baju yang sama, cuma memang celana semua Wkwk. Alhasil sekalian deh beli buat kerja.
- Masih masalah dresscode, kalau yang mau cari murah bisa langsung ke Royal Plaza lantai 2 kalau nggak salah. Kalau enggak ya di BG Junction juga ada, cuma memang variasinya lebih banyak yang di Royal Plaza. Siapin aja duit Rp. 250.000 inshaa Allah sudah dapet semua.
- Tes tertulis nggak cuma membahas soal Surabaya aja, tapi juga Jawa Timur dan Indonesia. Ada juga soal isu internasional seperti sister city. Lebih lengkap materi yang keluar akan dijelaskan sewaktu TM. Jadi jangan sampe nggak dateng TM ya :(
- Banyak-banyakin baca. Sering-seringin dateng ke spot-spot ikonik Surabaya dan cari tau soal sejaranya. Biar memudahkan, mungkin bisa juga ikut city tour SSCT. Ini fasilitasnya pemkot surabaya yang bisa membantu kita juga, naiknya cuma Rp. 7.500 dan diadakan setiap hari Selasa, Sabtu dan Minggu. Ada 2 rute: Bahari dan Museum. Ikut kedua rute itu dan catet hal-hal penting yang dijelaskan sama tour guide. Weiiitsss, jangan salah, tour guide bis SSCT 'biasanya' dari paguyuban Cak & Ning lho! Sambil menyelam minum air, bisa juga kan kalian PDKT ke mereka, terus kepoin deh. Tanya soal pengalaman mereka dulu gimana hehe.

Intermezzo: Ini sewaktu Daffa jadi Tour Guide.
Doc. pribadi, bisa cek juga di instagram @daffagan

- Waktu masuk ke ruangan untuk memperkenalkan diri, harus menggunakan Bahasa Arekan. Tapi kalo pengalamanku, karena Bahasa Suroboyoanku ini nggak begitu ahli akhirnya aku memutuskan buat pakai Bahasa Inggris. Plus, dibalik itu juga termasuk strategi aku biar dapet nilai lebih di mata juri. Cieee...
- Introduction kalian cuma di kasih 1 menit dari kata pertama. Ini penting! Kalian harus sudah siapkan teks yang bakalan digunakan nanti. Terus dilatih sampe berhasil ngomong 1 menit kurang. Plus, when you doing that, kalian harus tatap mata juri bergantian. Itu biar kalian terlihat menghormati setiap juri, and it looks more interseting for them.
- Waktu introduction JANGAN GROGI. Dan jangan kelihatan gagap. Meskipun nggak bisa dipungkiri juga aku grogi karena dilihatin pacar yang jadi timer waktu itu wkwk. But you should focus on it! Biar nggak grogi, cara yang dari dulu aku pake adalah tarik napas lalu 'senyum'. Inshaa Allah your confidence will show up, indirectly. Trust me, it works! Lol.


TAHAP PENYISIHAN 2 (P2)
Peserta teteup harus sampai disana jam 06:00 WIB. Bedanya, karena di P2 ini adalah sifatnya berkelompok, jadi kalau anggota kelompok kalian belum lengkap pasti belum boleh masuk. Kenapa? Karena Cak & Ning ini kan sifatnya paguyuban atas dasar kekeluargaan. Jadi harus bener-bener punya jiwa korsa, kebersamaan.

Setelah masuk, nantinya kalian bakal di inspeksi dulu. Sesuai nggak sama aturan yang ditentukan sama panitia? Terus lebih banyak eksplor, kalian passion lebih dimana. Sebenernya itu cuma acara pengisi. Acara intinya adalah, setiap kelompok nanti disuruh masuk ke ruangan. Nah, yang ini beda, namanya meet the judges. Di tahap ini, kalian akan di interview oleh 6 juri secara personal. Juri tadi dibagi menjadi 6 pos dan 6 meja, diantaranya ada Ke-Surabaya-an, Bahasa Inggris, Sejarah, Psikologi, Etika dan satu lagi lupa namanya ppos apaan, semacam pos soal inner beauty (?). I dunno, CMIIW hehe.
       Pos Bahasa Inggris         : Di pos ini lebih ditanyain hal simpel soal alasan kamu ikut PCNS ini,
                                                 pakai Bahasa Inggris yang jelas wkwk.
       Pos Sejarah dan Budaya : Juri bakal tanya apa yang kita tau soal sejarah Surabaya.
       Pos Psikologi                  : Di pos ini bakal ditanya 3 kata yang menggambarkan diri kamu
                                                 dan di akhir bakal ditanya 3 alasan kenapa kita harus diterima. Intinya
                                                 lebih ditanya, seberapa jauh kamu bisa paham sama dirimu sendiri.
       Pos inner beuty (?)          : Waktu itu cuma ditanyain artis favoritku siapa dan kenapa?
       Pos etika                          : Lebih ke apa yang kita tau soal etika. Alhamdulillah, aku sudah pernah
                                                 dapet mata kuliah soal etika di kampus. Jadi aku jelasin mirip
                                                 yang aku pelajarin hehe
       Pos ke-Surabaya-an         : Nah, di pos ini kalian kudu kuat mental wkwk. Soalnya di pos ini,
                                                  kalian bener-bener di tes,seberapa enjoynya sih kalian kalo diajak
                                                  diskusi? Plus, ditanyain soal wawasan Surabaya. Bahkan temen
                                                  sekelompokku ada yang disuruh bilang "Jancok", karena ini
                                                  memang kata khasnya arek Suroboyo. Weitss, tapi jangan
                                                  salah ya. Banyak persepsi buruk soal kata jancok ini,
                                                  padahal sebenernya kata yang biasa digunakan untuk mengakrabkan
                                                 diri. Atau bisa sama juga dengan kata sapaan seperti: rek!

Kelompok yang sudah meet the judges, bakalan masuk lagi ke ruangan lain untuk FGD. Di FGD ini kita bakal dikasih isu-isu sosial, kurang lebih 5-10 menit. Misalnya pas dulu waktu Eca seleksi pakai isu soal anak jalanan. FGD, seperti biasa. Kalian kudu bersikap leaderlessBut it doesn't mean you just shut up your mouth. Kalo memang sudah buntu, bisa di konklusikan dari diskusi kelompok atau mungkin bisa buka pembahasan baru yang masih nyambung sama isu yang diberikan, misalnya tanya solusi ke temen-temen kalian.

Setelah itu, pengumuman siapa yang masuk ke tahap selanjutnya. Biasanya, setiap kelompok diambil 2 orang yang masuk 25 besar. Sayangnya Eca cuma sampai di P2 aja. Cuma ada kejadian yang bikin stres di P2 ini, pagi-pagi sewaktu mau berangkat. Nggak tau kenapa tiba-tiba motor Eca mati mesinnya di jalan. Untungnya nggak lumayan jauh, tapi bayangin aja nuntun motor pake rok panjang begituan kan susah ya :') Eh, setelah hasil pengumuman P2 ini, aku langsung sadar, kalau di waktu itu memang nggak dibolehin berangkat sama Allah. Kenapa? Ya, biar nggak ngerasain kecewa hehe. Jadi, memang FAKTOR X itu ada lho!

Tips :
- Persiakan mental. Pahami diri sendiri. Dan lagi-lagi pahami soal Surabaya
- Sewaktu FGD, perhatikan intonasi berbicara. Biar nggak dikira nyolot wkwk. Just stay calm and speak up!


TAHAP PENYISISHAN 3 (P3)
Oke, mungkin aku nggak lolos di tahap ini. Tapi dari cerita Daffa dulu, di tahap P3 ini peserta yang lolos akan bertemu juri sekali lagi. Dan unjuk bakat. Nggak banyak yang perlu diceritain disini, karena di tahap ini tergantung dengan usaha kalian masing-masing.

Menurut, pengalaman Daffa, biasanya peserta di tahap P3 ini bakal lanjut ke semifinal semuanya. Eh, jangan seneng dulu. Seleksi di P3 ini juga ada nilainya ya hehe

Tips :
- Sewaktu unjuk bakat, tampilkan semaksimal mungkin. Misal, kalian mau nunjukin bakat tarian, ya kalian sebisa mungkin kudu pakai kostum yang cocok.
- Mulailah banyak menabung, karena di semifinal nanti bakal ngeluarin duit banyak. Sebisa mungkin sih nabung sedari awal ya hehe


SEMIFINAL - FINAL
Akan ada selang beberapa hari antara P3 dengan Semifinal, ini karena sewaktu semifinal membutuhkan blocking dan latihan yang pas. Masih inget dulu dateng di Semifinal Daffa di tahun 2017, bener-bener merinding. Di semifinal nantinya peserta akan dipasangkan sesuai dengan tinggi badan. Kemudian sewaktu hari H, akan diberi pertanyaan oleh juri soal event yang ada di Surabaya. Peserta yang dipilih cuma 15 pasang dan masuk ke paguyuban keluarga besar Cak & Ning Surabaya. Dan diharuskan menyewa baju kebesaran Cak & Ning Surabaya. Contoh baju kebesaran Cak & Ning Surabaya :

Ini ambil dari instagram @cakningsby
Ini ngambil dari instagram Ning @natkenira hehe


Baju pakem kebesaran Cak & Ning Surabaya ada aturan dan maknanya sendiri. Baju kebesaran Cak cuma 1 warna, beda lagi kalau punya Ning ada 5 warna (Biru, Kuning, Merah Muda, Hijau dan Oranye). Namanya juga perempuan ya, selalu ribet :')

Masih ngerasa kurang lengkap? Nih, kebetulan nemu di YouTube Baju Pakem Kebesaran Cak & Ning Surabaya

Hoiya, cerita sedikit nih ya, sewaktu Daffa masuk final aku bener-bener nangis lho wkwk. Nangisnya ya gara-gara nggak nyangka aja doi bisa masuk final, padahal sebelumnya buat ikut PCNS 2017 aja kudu dipaksa sampe marahan kitanya wkwk. See? You won't always know a good way for you if you don't try it before.

Peserta yang lolos semifinal bakal di karantina kurang lebih 1 minggu untuk mempersiapkan Final nantinya. Dan sewaktu karantina ini, kata Daffa, bener-bener diuji fisik sama mental kita. Soalnya bener-bener bikin capek wkwk. 

Sedangkan, untuk finalnya bisa kalian lihat sendiri di YouTube Cak & Ning Surabaya
Atau bisa cari sendiri di channel YouTube lainnya hehe.

Tips:
- BANYAK BERDOA. That's the important one. Inget, Faktor X akan selalu ada, tergantung gimana kalian meminta petunjuk.
- Rutin minum vitamin. It's good for your body. Kalo berdoa itu buat kesehatan mental, nah dengan minum vitamin bisa buat kesehatan fisik kalian, biar tahan banting hehe. Kalo kebiasaan olahraga sih, nggak masalah.
- Kalu di semifinal, Daffa pernah cerita, Cak yang dipilih adalah Cak yang tegas dan berwibawa. Sama juga dengan Ning, yangg dipilih adalah Ning yang etes (Kalian bakal tau ini kalau ikut TM hehe).

I think that's all from me. Oh, iya hampir lupa! PEMILIHAN CAK & NING SURABAYA 2019 SUDAH BUKA PENDAFTARAN LHO!!!




Okay, I hope this post will be useful for you all. Tapi inget, setiap tahun akan berubah peraturan. Jadi apa yang Eca tulis ini sesuai dengan pengalaman diri sendiri. Yang penting percayalah, menjadi peserta masih enak ketimbang jadi panitia. Tepuk tangan buat panitiaaaa *prokprok*

Last but not least from me, the point is "you should try every chance that you have until you know the result. You should do everything you wanna to do with. Just work hard, make it happen and believe 'Allah never sleep'. Don't be afraid, don't be so shy, just confidence".
*berasa ngomong sama diri sendiri*

Tumbas yoyo nduk soponyono
Wes yo, nedho nerimo!

Comments

  1. Sangat membantu ya ning, terima kasih infonyaaaaa ^-^

    ReplyDelete
  2. Terima kasih mb infonya, sangat membantu. Tapi ak mau tanya, kalo tingginya ga sesui ketentuan emg masih bisa ikut kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak masalah, selama kamu berkualitas dan cocok dengan tipe juri ya tetap akan dipilih. Setauku ada cak yg pendek juga masuk.

      Delete
  3. mau nanya, apa boleh berkacamata?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, pacar saya berkacamata. Tapi yg jelas ketika pemilihan dan penugasan nanti kacamata harus dilepas atau harus pakai softlens.

      Delete

Post a Comment

Popular Posts